Mengenal Lebih Jauh Blockchain Harmony – Support EVM, Cepat, Murah & TPS Tinggi


Blockchain Harmony dirancang sebagai solusi penskalaan layer-2 yang dapat dioperasikan untuk Ethereum. Blockchain Ethereum adalah blockchain terbesar kedua yang ada dan menampung lebih dari 80% aplikasi terdesentralisasi (dApps). Ethereum adalah blockchain pertama yang memiliki smart contract dan telah menunjukkan kekuatan dan pertumbuhan yang sangat optimal sejak diluncurkan pada tahun 2015. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, blockchain Ethereum menjadi korban dari kesuksesannya sendiri dengan penggunaan jaringan yang tinggi yang mengakibatkan transaksi macet yang tertunda dan biaya gas yang jauh lebih tinggi, saat ini untuk melakukan transaksi swap pada blockchain ethereum, membutuhkan sekitar $50 s.d $75 (dalam ether) untuk gas fee.

Para Pengembang Blockchain telah merancang solusi penskalaan layer-2 yang lebih inovatif untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, Ethereum sedang dalam proses meluncurkan upgrade Ethereum 2.0 , jika eth 2.0 sudah di luncurkan, maka akan dapat memfasilitasi hingga 100.000 transaksi per detik (TPS). Ini akan secara drastis mengurangi kemacetan, namun, masih berbulan-bulan lagi dari penyelesaian bahkan belum ada info pasti kapan Ethereum 2.0 akan di luncurkan.

Sementara itu, Harmony telah membuat protokol sharding yang dapat dioperasikan, dengan jembatan Ethereum dua arah. Harmony beroperasi sebagai solusi penskalaan lapisan-2 (layer 2) eksternal khusus untuk Ethereum, dibuat sebagai blockchainnya sendiri. Dari sudut pandang pengembang, membangun Blockchain Harmony hampir sama persis dengan Ethereum, menggunakan bahasa pemrograman Solidity dan Ether.js. Selain itu, dari sudut pandang pengguna, pedagang dapat mengharapkan finalitas transaksi dua detik dan dapat dengan mulus menukar aset digital antara blockchain Harmony dan Ethereum. Plus, jembatan Harmony dapat memfasilitasi aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan non-fungible token (NFT).

Harmony adalah Ide Brilian dari Dr Stephen Tse, seorang kriptografer terampil dan pengembang inti Google Maps. Dr. Tse sebelumnya telah menjual sebuah perusahaan rintisan ke Apple, kemudian dipekerjakan untuk bekerja di Apple. Setelah beberapa tahun, Dr. Tse keluar pada tahun 2015 untuk mengejar hasratnya terhadap teknologi blockchain.

Setelah kepergiannya, Dr. Tse mengembangkan bahasa pemrogramannya sendiri ‘Min’ untuk membangun blockchain. Setelah mengumpulkan tim pengembang dan profesional blockchain berpengalaman lainnya, Maka di dirikanlah Harmony pada tahun 2018. Harmony mengumpulkan lebih dari $20 juta dari investor swasta dan Binance Labs untuk mengembangkan protokol Harmony. Token ONE merupakan coin native / asli blockchain Harmony diluncurkan melalui penawaran pertukaran awal (IEO) Binance pada Mei 2019. Mainnet untuk Harmony luncurkan pada bulan berikutnya, pada Juni 2019.

Desain blockchain Harmony telah dipengaruhi oleh blockchain Ethereum dan Cardano. Harmony blockchain adalah sharded blockchain dengan empat shard saat ini: beacon chain (shard 0) dan shards satu, dua, dan tiga. Setiap pecahan dapat mendukung hingga 250 validator, yang berarti jaringan Harmony memiliki batas atas 1.000 node jaringan saat ini.

Blockchain Harmony menawarkan rata-rata 2.000 transaksi per detik (TPS). Apalagi, dalam AMA tim Harmony dengan Asia Block Review, tim menyatakan, setiap shard baru di jaringan akan membawa 500 TPS tambahan. Tim harmony mempunyai bertujuan untuk mencapai 2.000 Shar yang dapat memfasilitasi 1 juta TPS di seluruh jaringan Harmony.

Ketika anda bertransaksi di blockchain harmony (swap/transfer/mint) anda hanya membutuhkan sekitar $0.001 s.d $0.01 untuk biaya gas fee, hal ini merupakan hal yang sangat fantastis, karna disisi lain para pengguna blockchain ethereum sedang mengeluh karena setiap transaksi memakan gas fee sekitar $50. Harmony adalah solusi untuk para pengembang Dapps, selain gas fee yang sangat murah, kecepatan transaksi yang sangat cepat , harmony juga mendukung pemrograman solidity, para pengembang dapss ethereum bisa berpindah ke harmony dengan mudah.

Seperti hal nya di Ethereum , Anda juga bisa membuat token ERC20, ERC721, ERC1155 pada blockchain harmony dengan pemrograman yang sama dengan ethereum. Untuk saat ini, adopsi harmony memang belum sebanyak ethereum , tetapi saya yakin di kemudian hari, harmony akan berkembang debagai pelopor blockchain dengan kecepatan tinggi dan biaya gas fee super murah.


Dukung CryptoVIR Media Dengan Cara Subscribe & Follow Social Media Kami
Twitter | Channel Youtube | Channel Telegram | Group Telegram | Website cryptovir.com


Alif Fahmi

hi , I'm Alif, I'm a blockchain & cryptocurrency lover, I love writing & learning, my job is web developer & crypto trader