Apakah Aplikasi Trust Wallet Aman ?


Trust Wallet adalah dompet kripto resmi Binance (Trustwallet bekerjasama dengan binance). Anda dapat mengirim, menerima, dan menyimpan Bitcoin dan banyak mata uang kripto dan aset digital lainnya dengan aman dan aman dengan aplikasi seluler Trust Wallet. Bahkan anda dapat menggunakan Trust Wallet untuk mendapatkan bunga pada crypto Anda (staking / farming) , memainkan game blockchain dan mengakses platform DApps dan DeFi terbaru.

Karena semakin banyak orang menggunakan cryptocurrency dan aplikasi terdesentralisasi, semakin penting untuk memiliki cara yang sederhana dan kuat untuk mengaksesnya. Baik Anda tertarik untuk berinvestasi, melakukan pembayaran, atau menggunakan DApps, memiliki banyak solusi untuk berbagai aktivitas dapat menjadi sangat merepotkan dengan sangat cepat. Di situlah paket all-in-one yang mudah digunakan seperti Trust Wallet.

Namun akhir akhir ini banyak pengguna trustwallet yang kehilangan Asset crypto, bahkan mencapai ribuan dollar (value). Tentunya hal ini membuat bertanya tanya apakah Aplikasi TrustWallet aman ? Apakah Ada celah atau bug pada aplikasi trustwallet ?

Menurut saya pribadi , “trustwallet: AMAN”. jika ada kasus kehilangan saldo/asset, saya yakin itu karena faktor sksternal, seperti phising, dusting atau ada yang mengetahui private key wallet anda.

2 Kemungkinan yang membuat Saldo (asset crypto) anda hilang. atau otomatis transfer ke wallet lain.

1. Dusting Attack
Serangan Dusting adalah serangan di mana sejumlah kecil kripto, yang disebut Dusting, dikirim ke ribuan atau bahkan ratusan ribu alamat wallet. Serangan ini dikerahkan untuk melacak alamat-alamat ini dengan harapan “membuka penyamaran” atau menghilangkan anonimitas mereka atau melakukan interaksi transaksi dengan platform mereka (token dusting). Dusting ditemukan di sebagian besar blockchain publik, termasuk Ethereum, Binance Smart Chain, Stellar, Polygon dan beberapa blockchain lain.

Ilustrasi: secara tiba-tiba ada token masuk ke wallet anda, dan tercantum juga nilai USD dalam token tersebut => secara reflek anda mencari market token tersebut dan malukan swap => tapi ternyata tidak bisa di jual atau swap => ketika anda telah berinteraksi dengan mereka (dusting) misalkan swap atau claim airdrop , maka anda telah memberikan akses ke smartcontract dusting untuk mengakses wallet anda => selanjutnya isi dari wallet anda akan di kuras habis. Jadi anda harus berhati2 ketika ada token masuk secara tiba2 atau jenis free claim airdrop

2. Phising
Sederhananya , phising adalah suatu situs web palsu yang dibuat untuk mencuri private key anda atau pharse wallet anda. kasusnya , mereka akan membuat sebuah landing page yang mirip dengan web tertentu, dan di landing page tersebut anda di arahkan sebuah form, form tersebut meminta anda untuk menginformasikan private key atau parse wallet, dengan alih-alih untuk mendapatkan airdrop, free nft atau untuk update wallet.

Anda harus berhati hati , jangan sampai tergiur free airdrop token atau nft. dan jangan sekali-kali percaya dengan orang di dunia maya yang memberikan tawaran untuk membantu permasalahan (tentang wallet crpto). Jika ada pemasalahan pada wallet anda, segera konsultasi dengan kawan dekat , jangan kepadaa orang lain, apalagi sampai memberikan akses pharse ke orang lain (ini sangat beresiko).


Dukung CryptoVIR Media Dengan Cara Subscribe & Follow Social Media Kami
Twitter | Channel Youtube | Channel Telegram | Group Telegram | Website cryptovir.com


Alif Fahmi

hi , I'm Alif, I'm a blockchain & cryptocurrency lover, I love writing & learning, my job is web developer & crypto trader