Mengenal Lebih Jauh Blockchain Callisto Network


Blockchain Callisto Network adalah platform blockchain yang dibangun menggunakan protokol Ethereum (lebih tepatnya ethereum classic), fork callisto terjadi pada tahun 2018. Callisto network mempunyai natic coin yang di sebut CLO, Callistosg dikembangkan oleh Ethereum Commonwealth, salah satu dari tiga tim pengembangan Ethereum Classic.

Callisto Network bertujuan untuk meningkatkan keamanan ekosistem dengan meningkatkan metode untuk mengembangkan kontrak pintar (smart contract) dan untuk menerapkan protokol eksperimental. Protokol ini menggabungkan fitur inti dalam kontrak pintar dengan konfigurasi tingkat protokol gabungan. Callisto Network dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk menggunakan mekanisme bawaan seperti kontrak pintar untuk mengimplementasikan fitur-fitur utama . Selain itu, Jaringan Callisto berharap untuk mendefinisikan serta menstandardisasi protokol yang digunakan untuk implementasi referensi dengan sistem tata kelola, cold staking bawaan, dan mekanisme pendanaan untuk pengembangan, semuanya berdasarkan kontrak pintar.

Tujuan utama dari jaringan callisto adalah untuk menciptakan implementasi referensi yang diteliti dengan baik dari ekosistem blockchain serta lingkungan pengembangan yang didanai sendiri, diatur sendiri, dan mandiri.

Smart Contract Ecosystem Security
Untuk mengatasi masalah yang terkait dengan keamanan ekosistem kontrak pintar, Callisto akan memperkenalkan departemen “Resmi” untuk mengaudit kontrak pintar di dalam Ethereum Commonwealth. Auditor kontrak pintar akan menerima pembayaran pada tingkat protokol dalam analog dari perbendaharaan kontrak pintar. Pengembang kontrak pintar akan menerima audit sepenuhnya gratis karena metode pembayaran auditor ini. Setiap orang dapat mengajukan permintaan audit ini, dan karena dana berasal dari dana perbendaharaan Callisto Network, sistem audit harus meningkatkan keamanan ekosistem ETC. Ada informasi lebih rinci mengenai proses audit, termasuk registri dan penghargaan, di whitepaper Callisto Network.

Bagaimana Callisto Mengatasi Skalabilitas?
Masalah lain yang ditangani Callisto adalah skalabilitas, khususnya jaringan Ethereum Classic dan, dengan perluasan, jaringan CLO. Tim di belakang Callisto menyadari bahwa akan memakan waktu dan pemborosan untuk menciptakan mekanisme mereka sendiri untuk menyampaikan transaksi dan mengimplementasikan sidechains. Sebaliknya, mereka mencari mekanisme hubungan lintas rantai yang ditemukan pada blockchain generasi ketiga, seperti AION dan EOS.io. Dengan kata lain, Callisto Network akan meningkatkan skalabilitas ETC dan CLO menggunakan mekanik yang sudah ada dan telah terbukti efektif .

Mengapa Callisto Membuat Penyempurnaan Baru di Tingkat Protokol?
Komunitas Ethereum Classic secara keseluruhan sangat konservatif, itulah sebabnya Callisto akan membuat peningkatan tingkat protokol. Peningkatan tertentu pada ETC akan datang dari jaringan CLO, baik tim pengembangan ETC lainnya menerimanya. Contohnya termasuk sistem tata kelola on-chain dan protokol cold staking.

Cold Staking
Masalah yang dihadapi Ethereum Classic adalah fakta bahwa tidak ada insentif bagi pengguna untuk memegang koin mereka. Callisto akan memperkenalkan “Cold Staking” untuk menyelesaikan ini yang merupakan proses memberi penghargaan kepada pengguna dengan bunga berdasarkan kepemilikan token CLO mereka. Ini akan bekerja dengan pengguna menambahkan token mereka ke dalam smart contract untuk jangka waktu minimal satu bulan, mereka tidak ada persyaratan lain seperti menjalankan node, seperti yang dibutuhkan oleh koin Masternode.

Transaksi Per Detik Callisto Network & Gas Fee
Saat artikel ini dipost, Cryptocurrency Callictos (CLO) berada di harga $0.0125 per CLO, harga tersebut masih terbilang sangat murah, mungkin karena adopsi belum begitu banyak dan belum terlist di banyak exchange.

Berapakah Jumlah Transaksi per Detik (TPS) yang bisa di handle oleh blockchain callisto ? sampai saat ini belum ada info resmi dari developer, berapakah TPS pada blockchain callisto, tapi saya sendiri yakin bahwa TPS mungkin tidak jauh dengan TPS Ethereum Classic,

Jika anda adalah developer yang familiar dengan ethereum, maka anda akan mudah memahami callisto network , karna pada dasarnya Callisto menggunakan fork ethereum classic. Anda bisa memindahkan project crypto (yg berbasis ethereum) ke blockchain callisto dengan mudah.

Saat ini callisto network mempunyai keunggulan yaitu biaya transaksi yang sangat murah, Team cryptovir telah mencoba : membuat smartcontract + token erc20(hanya memakan gas fee kurang dari 0.3 CLO *atau serata dengan Rp 57 , dan kami mencoba melakukan transfer token erc20 (hanya memakan fee sekitar 0.0025 CLO atau setara Rp 3. Berbeda dengan ethereum, yang membutuhkan Rp 350.000 s.d Rp 750.000 untuk sekali transaksi token erc20


Dukung CryptoVIR Media Dengan Cara Subscribe & Follow Social Media Kami
Twitter | Channel Youtube | Channel Telegram | Group Telegram | Website cryptovir.com


Alif Fahmi

hi , I'm Alif, I'm a blockchain & cryptocurrency lover, I love writing & learning, my job is web developer & crypto trader