Bank Rusia Sedang Mengevaluasi “Investasi Cryptocurreny”


Kemarin Presiden Rusia Vladimir Putin mengisyaratkan toleransi untuk cryptocurrency seperti Bitcoin untuk digunakan pengiriman & penerimaan dana. Hari ini, Kepala departemen stabilitas keuangan bank sentral di Rusia sedang mengevaluasi jumlah Bitcoin yang dipegang oleh investor lokal. Elizaveta Danilova dari Bank Rusia menjadi berita hari ini setelah dia mengungkapkan bahwa dia sedang memeriksa dengan investor cryptocurrency lokal untuk memperkirakan volume investasi crypto di negara tersebut.

Danilova menjawab beberapa pertanyaan tentang risiko gelembung, sanksi, dan kripto. Dengan melakukan itu, dia mencatat bahwa investasi Rusia di crypto adalah “masalah yang berpotensi sangat signifikan” karena kurangnya transparansi. Dia menambahkan,

“Kita perlu bekerja baik pada data dan meningkatkan kesadaran warga tentang risiko investasi semacam itu – tidak didukung oleh apa pun. Kami melakukan survei terhadap pelaku pasar untuk mendapatkan perkiraan perkiraan investasi dalam cryptocurrency.”

Masalah ini mengemuka setelah eksekutif mengamati bahwa warga akhir-akhir ini tidak mau memasukkan uangnya ke bank. Menurut Danilova, meskipun pandemi COVID-19 mereda, hampir 2,6 triliun rubel [$36 juta] belum dikembalikan ke bank. Jumlah tersebut telah ditarik selama awal pandemi.

Sementara itu, produk yang berbeda juga tidak membantu kasus cryptos di Rusia. Menurut kepala departemen, orang berinvestasi melalui perantara asing merupakan tantangan dan tetap merupakan risiko besar.

Menariknya, Putin menyuarakan pendapat yang sedikit berbeda dari regulator di mana pun. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Presiden Rusia mengklaim bahwa crypto “memiliki hak untuk eksis dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran.” Mengingat beban sanksi 2014 setelah pencaplokan Krimea, Putin menuduh AS menggunakan mata uangnya sebagai senjata. Dalam menghadapi hal yang sama, crypto mungkin bukan pilihan yang buruk.

Faktanya, China sudah berusaha melawan supremasi USD melalui mata uang digital bank sentralnya. Dengan dukungan Putin terhadap upaya semacam itu, kita mungkin akan segera melihat Rusia mengambil beberapa langkah ke arah regulasi. Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa Presiden masih memperingatkan bahwa terlalu dini untuk berbicara tentang penggunaan aset digital untuk perdagangan minyak dan komoditas lain yang menyumbang sebagian besar ekspor Rusia.

Sementara bank sentral sedang mengevaluasi investasi kripto Rusia, bank sentral juga mendesak pemerintah untuk membatasi investasi kripto oleh investor yang tidak terakreditasi. Ini adalah upaya untuk menghindari pembelian “emosional”, eksekutif menyimpulkan.


Dukung CryptoVIR Media Dengan Cara Subscribe & Follow Social Media Kami
Twitter | Channel Youtube | Channel Telegram | Group Telegram | Website cryptovir.com


Alif Fahmi

hi , I'm Alif, I'm a blockchain & cryptocurrency lover, I love writing & learning, my job is web developer & crypto trader