Inflasi Lira Turki Makin Menggila, Warga Beralih ke Investasi Crypto


Ada beberapa alasan mengapa tingkat inflasi di turki naik cukup tinggi, termasuk meningkatnya biaya energi dan melemahnya lira Turki. Negara-negara lain juga menghadapi lonjakan tingkat inflasi yang serupa, dengan Bank Sentral Eropa akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam 11 tahun.

Sementara lira telah melemah, jumlah volume BTC pada LocalBitcoin di wilayah tersebut telah meningkat pesat. Volume perdagangan peer-to-peer BTC pada kuartal pertama dan kuartal kedua tahun 2022 telah mengalami peningkatan besar-besaran dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2021.

Pada kuartal pertama tahun 2022, volume perdagangan LocalBitcoin telah meningkat sebesar 51% selama kuartal keempat tahun 2021, sementara volume perdagangan kuartal kedua tahun 2022 telah meningkat sebesar 40%. Ini adalah peningkatan substansial yang menunjukkan bahwa masyarakat beralih ke cryptocurrency untuk melindungi posisi keuangan mereka.

Di tengah semua gejolak ekonomi ini, pemerintah Turki beralih ke berbagai langkah. Tapi tetap saja, semua demografi beralih ke kripto, dan baik usia maupun jenis kelamin tidak memengaruhi keputusan untuk berinvestasi di kripto.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdo─čan telah membuat ketidaksukaannya untuk menaikkan suku bunga , menyebut suku bunga ibu dari segala kejahatan. Ini telah menyebabkan penurunan lira Turki, dan negara itu mungkin harus mengambil tindakan drastis untuk mengatasi masalah ini.

Untuk memerangi inflasi, pemerintah telah mengungkapkan skema yang akan membawa tabungan emas di rumah ke dalam sistem perbankan. Rekening deposito konversi emas akan menawarkan pendapatan bebas risiko, kata pemerintah. Diperkirakan ada sekitar $250 hingga $350 miliar emas.

Turki melarang pembayaran crypto pada tahun 2021, tetapi itu tampaknya tidak menghentikan warga untuk berinvestasi di dalamnya murni sebagai kelas aset. Jika perjuangan berlanjut, kemungkinan besar investasi kripto akan tumbuh. Individu sering beralih ke crypto sebagai lindung nilai terhadap inflasi, meskipun argumen itu tampaknya kehilangan kekuatannya.


Alif Fahmi

hi , I'm Alif, I'm a blockchain & cryptocurrency lover, I love writing & learning, my job is web developer & crypto trader